Rabu, 16 November 2011

Anak Berkebutuhan Khusus

1. Pengertian
Anak usia 7-12 tahun yang memiliki perilaku non-normatif dilihat daritingkat perkembangannya atau mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri waktu belajar, bermain dan di rumah.

2. Ciri-ciri anak SD bermasalah
  • frekuensi, berupa banyak perilaku bermasalah muncul
  • intensitas, tingkat kedalam perilaku yang bermasalah
  • usia
  • ukuran norma budaya
3. Pengaruh masalah anak terhadap perkembangan
  1. perkembangan motorik bahasa, emosi, sosial, moral dan kognitif anak
  2. setiap aspek perkembangan akan salingmempengaruhi
  3. masalah anak akan nampak dalam bentuk yang bervariasi
4. Respon guru menghadapi anak bermasalah
  • menghargai emosi negatif anak
  • sabar
  • sadar dan menghargai emosi sendiri
  • melihat emosi negatif sebagai arena mengasuh anak
  • peka terhadap emosi anak
  • tidak bingung atau cemas menghadapi ungkapan emosi anak
  • tidak menanggapi remeh perasaan anak
  • tidak memerintah apa yang harus dirasakan anak
  • tidak merasa bahwa guru harus membereskan segala masalah bagi anak
  • menggunakan saat emosi anak sebagai saat untuk: mendengarkan, berempati dengan kata-kata, menolong anak melabelkan emosi yang dirasakan, menawarkan petunjuk tentang emosi, menentukan batas ungkapan emosi dan mengajarkan keterampilan menyelesaikan masalah.
5. latihan bagi guru untuk memahami emosi anak
  • Menyadari emosi sendiri
  • Menyadari emosi anak
  • Mengakui emosi anak
  • Mendengarkan dengan empati
  • Menolong anak melabelkan emosi dengan kata-kata
  • Menentukan batas-batas emosi sambil membantu anak memecahkan masalah

6. Masalah-masalah anak SD
  • ADHD (Attention DefisitHiperactivity Disorder): Rentangperhatianpendek; hiperaktif, danimpulsivitas.
  • Cacat Mental
  • Kesulitan bicara
  • Temper Tantrum
  • Agresifitas
  • Pemalu
  • Pembangkang
  • Penakut
  • Pembohong
  • Masalah buang air besar & buang air kecil
  • Menolak pergi ke sekolah
  • Autis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar