Jumat, 16 Desember 2011

Yuk kita jaga Bumi kita!!

Pemanasan global adalah masalah kita bersama dan ini tidak bisa dibiarkan. peningkatan suhu bumi dan perubahan iklim telah menjadi bukti dari pemanasan global. Jelas bahwa pemanasan global adalah bahaya yang jelas dan hadir. Prinsip tanggung jawab bersama hampir mustahil diterapkan oleh negara karena kurang sadarnya setiap individu didalamnya.

Pada tahun 2010 sebenarnya mengkonfirmasi pemanasan global karena itu adalah 34 tahun berturut-turut dengan suhu di atas rata-rata abad ke-20 dunia. Salah satu efek adalah berkurangnya lapisan es laut Arktik. Hal ini di ketiga terkecil sejak pencatatan dimulai pada 1979. Efek lainnya adalah kondisi cuaca yang aneh di seluruh dunia. Suhu bumi lebih tinggi dengan 0,62 derajat Celsius pada rata-rata abad ke-20 membuat 2010, bersama dengan tahun 2005, tahun-tahun terpanas sejak pencatatan dimulai pada AS 1880. Tahun lalu juga terpanas di India sejak catatan kami dimulai pada tahun 1901.
Gimana sih ngejaga bumi kita biar enggak cepet udzur???


Mulailah dari diri sendiri, karena segala hal harus dimulai dari diri sendiri.
Enggak perlu terlalu muluk-muluk, mulai dari hal yang kecil, seperti:

  • membuang sampah pada tempatnya,
  • jgn terlalu banyak menggunakan ato membeli produk yang berplastik. Plastik itu susah banget diurainya. Bayangin aja dalam sehari 1 orang bisa membuang minimal 1 plastik, sedangkan jumlah penduduk didunia ini lebih dari 2 milyar, berarti dalam 1 hari ada 2 milyar plastik yang terbuang, sedangkan plastik itu terurainya lama banget kan.
  • Selain itu juga hemat energi, misalnya mematikan TV klo tidak ditonton dll.
  • Hemat kertas dan tissu. Karena untuk membuat kertas dan tissu itu orang harus nebang pohon dihutan, sedangkan untuk numbuhin pohonnya lagi memerlukan waktu yang sangat lama.
  • Tanam pohon di sekitar lingkungan kita
  • Hemat air dan jangan buang2 air. Dengan cara misalnya klo kita ngisi bak air, klo bak airnya dah penuh segera dimatiin kerannya.
  • Menjaga air biar enggak tercemar. Misalnya enggak membuang sampah di sungai ato kali, selain itu klo menggunakan detergen jangan menggunakan terlalu berlebihan sehingga menghasilkan busa yang berlebihan. Itu akan sangat mencemati air. Jika jumlah air bersih dibumi ini jumlahnya sudah sangat sedikit, orang baru akan menyadari bahwa air harganya lebih mahal daripada emas, intan dan berlian

Masih banyak hal-hal kecil lain yang sering kita lupakan. Mungkin hal-hal diatas itu kelihatannya sepele banget, tapi jika semua orang memiliki kesadaran diri untuk melakukan hal-hal kecil itu maka bumi ini pasti bisa terjaga dengan baik. lebih singkatnya mungkin seperti ini:
1. menjaga kebersihan
2. hidup sehat dalam berrati tidak harus makan yang enak tapi makanan bergizi.
3. peduli sama orang lain..
4. jadi tranparan bagi orang lain.
5. tidak mementing diri sendiri..
6. peka terhadap kondisi sekitarnya.
7. sosialisasi dengan masyarakat yang baik

Nah, sobat mari lestarikan dan budayakan jaga bumi kita mulai dari diri sendiri..
selamat mencoba, nan mari bersama-sama...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar